top of page
  • Writer's pictureAinul Yaqin

Bagaimana rasanya bekerja di Korea Selatan sambil kuliah?

Salam sejahtera untuk kita semua,

Perkenalkan Saya Ainul Yaqin Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Korea Selatan asal Grobogan Jawa Tengah. Saat ini Saya bekerja di industri manufaktur yang memproduksi mesin pertanian. Nama perusahaan saya Shin Heung Company ( http://www.shdryer.com ) dan Saya bekerja sebagai operator mesin produksi.


Kerja di Korea Selatan merupakan sebuah anugrah terbesar dalam hidup Saya. Di sini Saya merasa sangat senang menjadi seorang pekerja karena begitu banyak benefit yang saya dapatkan selama Saya kerja di sini.


Saya datang ke Korea tahun 2018 tepatnya bulan April. Fasilitas yang Saya dapatkan selama bekerja dari perusahaan antara lain apartemen (gratis biaya bulanan), asuransi kesehatan, makan siang dan sore, bonus tahunan, bonus hari raya, bonus liburan musim panas, dll.

Untuk gaji saya, basicnya sekitar 2 juta won per bulan untuk 8 jam kerja. Kalau ada lembur maka gajinya akan makin banyak. Aniway, rata-rata dalam sebulan saya bisa lembur sebanyak 36-42 jam. Belum lagi kalau kerja di hari sabtu dan hari libur, tentunya akan makin banyak total gaji yang akan kita peroleh.


Untuk masalah gaji, di Korea tidak membeda-bedakan orang asing ataupun orang korea asli. Semuanya sama sesuai dengan kementrian ketenagakerjaan setempat. Kemudian upah minimal di Korea semuanya sama, bukan tiap wilayah punya UMR masing-masing. Itu juga salah satu alasan yang bikin kita para PMI betah di Korea.


Enaknya kerja di Korea selain dapat berbagi fasilitas dan gaji yang cukup banyak, kita juga bisa eksplore Korea dengan bebas. Mau jalan-jalan kemanapun bisa karena aksesnya gampang dan transportasinya nyaman. Mau naik bus, kereta bawah tanah, kereta api, kereta cepat, pesawat, apapun itu semuanya nyaman-nyaman aja.


Kamudian yang paling sangat berkesan buat Saya adalah bisa kuliah di Universitas Terbuka Korea (UT Korea). Dari sinilah saya mendapat banyak wawasan dan relasi bukan hanya dari PMI aja tapi dari seluruh elemen WNI yang ada di Korea. Mulai dari Mahasiswa S2 dan S3, pengusaha, konten kreator, brand owner, dan lain sebagainya.

61 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page