top of page
  • Writer's pictureAinul Yaqin

Kelebihan, kekurangan, dan cara bekerja di Korea Selatan?

Updated: Feb 8, 2023

Bekerja di Korea selatan ada berbagai macam cara. Sepengetahuan saya setidaknya ada 4 cara yaitu :


1. Bekerja secara professional setelah lulus kuliah S2 atau S3


Setelah menyelesaikan study di Korea tentunya kamu juga akan punya kesempatan bekerja di Korea secara profesional. Tentunya bekerja di perusahaan yang relate denga jurusan yang kalian ambil. Kalau kalian kuliah jurusan bisnis kalian bisa bekerja di perusahaan seperti produk skincare, travel agency, dan lain-lain.


2. Bekerja sebagai postdoc di kampus/institut research setelah S3


Posdoct / Postdoctoral researcher adalah seorang yang mendedikasikan dirinya sebagai researcher dalam sebuah kampus/institut research setelah menyelesaikan studi S3. Biasanya para lulusan Engineering, Physic, Biology banyak yang mengambil kesempatan ini. Di Korea Selatan gaji seorang postdoc berada di kisaran 2,5 jt - 3 jt won.


3. Dapat rekomendasi dari perusahaan indonesia yang pusatnya di Korea


Perusahaan seperti LG, Samsung, dan Hyundai sudah melakukan cara ini. Karyawan dari perusahaan yang ada di Indonesia akan di kirim ke pabrik pusat untuk di training. Gajinya bisa dapat dari perusahaan yang ada di Indonesia dan yang di Korea.


4. Bekerja melalui program G to G Korea


Program G to G adalah program pemerintah Indonesia dan Korea yang bekerja sama untuk mengirim pekerja Indonesia ke Korea. Program ini bukan untuk pekerja profesional. Syarat utama nya yang penting mau bekerja di Perusahaan Korea. Pekerja yang melalui jalur ini akan ditemnpatkan sebagai operator produksi dan belajar dari nol.

Meskipun bukan pekerjaan professional program ini ada banyak syarat dan ketentuan yang berlaku. Diantaranya harus lulus ujian Bahasa Korea, medical check up, dan lain-lain.


Untuk kelebihan dan kekurangan bekerja di Korea kira-kira seperti berikut;


Kelebihan :

Gaji memuaskan, ada asuransi kesehatan, ada dana pensiun, ada pesangon. Selain itu, kita kitabisa jalan-jalan kemanapun seluruh Korea, transportasi nyaman, banyak orang Indonesia, dan kekerasan sedikit.


Kekurangan :

kalau anda muslim anda akan jadi minoritas dan kadang suka ada diskriminasi. Buat pekerja yang melaui program G to G kita harus siap kerja serabutan juga. Walaupun diatas kertas kita kerja sebagai operator tak jarang kita juga melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti bersih-bersih dan sebagainya.

255 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page